Welcome, Guest. Please login or register.
April 19, 2014, 01:11:09 am
Home Help Calendar Login Register
News:

+  ** C E L O T E H ** S A N G :: I B U **::
|-+  KESEHATAN ANAK
| |-+  Imunisasi
| | |-+  gimana sih cara atasin flu pada bayi?
« previous next »
Pages: [1] 2 Print
Author Topic: gimana sih cara atasin flu pada bayi?  (Read 38233 times)
eva-ashley

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 7


View Profile Email
« on: June 01, 2008, 10:21:05 pm »

Hi moms saya mau tanyain kalo masih bayi lagi kena flu gimana ya cara keluarin ingusnya biar ga mumpet idungnya soalnya kasian banget jadi ga bisa tidur... katanya sih kalo pake sedot idung ga boleh juga ya?takut kena polip bener ga sih? trus kadang saya udah cobain pake kayu putih di kena kapasin rada lmyn juga gpp kan?ada cara lain ga sih? minta masukkan n pengalamannya yah....
Kalo alergi sembuh ga ya?atau ada cara biar sembuh gimana?
Thanks lho buat yang udah reply....
Logged
sephia
Guest


Email
« Reply #1 on: June 02, 2008, 07:52:06 am »

rada jiji mgkn, tapi buat aku gpp: kalo aku, ingusnya aku sedot pake mulut. lha abis pake sedotan wkt itu msh susah. ya udah disedot mulut aja

trus bantalnya aku tetesin minyak kayu putih jg supaya agak membantu biar ga bumpet.
Logged
Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #2 on: June 02, 2008, 08:48:35 am »

Aku pake sedotan ingus Pigeon yang selangnya panjang (kan sedotan ingus dari pigeon ada 2 macem tuh...) trus aku cabut selangnya doank, jadi botol penampung ingusnya gak aku pake.
Lobang satu taruh di depan lobang idung Andra, lobang satu lagi buat mulut aku nyedot...

so far sih gak ada masalah apa-2 tuh, yang penting nyedotnya pelan aja biar bulu idung anak gak ikut ketarik  Wink

mau lebih efektif? minta diuap aja ke DSA... jadi ingus/dahak bisa keluar dimuntahkan anak 

Kalo alergi sembuh ga ya?atau ada cara biar sembuh gimana?

Pas ikutan Talkshow Parents Guide-Nutricia di RS Melinda Bandung 17 Mei 2008 lalu... yang aku tau Alergi adalah penyakit keturunan. Alergi bisa hilang/diminimalisasi bila pencetusnya dihilangkan juga. Makanya harus tau dulu pencetus alergi pastinya apa... bisa dingin, debu, bulu binatang, makanan dsb.
Untuk lebih jelasnya bisa dilakukan Tes Alergi  Smiley
« Last Edit: June 02, 2008, 08:53:49 am by Bunda Andra » Logged
th3

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 653

Joshua Williams


View Profile Email
« Reply #3 on: June 02, 2008, 08:57:54 am »

Ci-eeehhh, yang baru ikutan Talkshow....Keren euy,Bunda Andra dah jadi Asisten dokter Susan Melinda ya sekarang,hehehe.... Tongue Grin Grin
Logged
Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #4 on: June 02, 2008, 09:19:30 am »

Ci-eeehhh, yang baru ikutan Talkshow....Keren euy,Bunda Andra dah jadi Asisten dokter Susan Melinda ya sekarang,hehehe.... Tongue Grin Grin

yeeee Th3... biar gak ketauan kalo aku kesana cuman pengen ngecengin Dokter ganteng dari Nutricia doank  Grin  Grin
Logged
th3

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 653

Joshua Williams


View Profile Email
« Reply #5 on: June 02, 2008, 09:44:24 am »

Bejakeeeeuuun! Ka pak Widodo !
Paaak, yeuh pamajikan yeuh, alibi talkshow, tyt nyari daun muda....
heee  Grin Grin Tongue
Logged
bundaElora

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 88

Elmooooo .. hiikss knp kudu ilang seehh

nadchriz2k6@hotmail.com nadchriz2k6
View Profile WWW Email
« Reply #6 on: June 04, 2008, 08:16:50 am »

Weits gaya euy si mba erinaa ...  Grin

Lora jg kalo pilek pake sedotan ingus kaya andra tuh ..
tp blm pernah nadd coba kl tabungnya dilepas .. cobaiin aah ntr kl doi pilek lagii ..
Trs dah gt dijemur pas pagi2 ..
Kalo nadd ga akan jemur lora di atas jam stg9.
Karna kapokpokpokpokpooookkkkk ...
Dulu pas lora umur sebulan dia GOSOOONG ITEMTEMTEMTEMETEMTMETEMMMMM ..
iiihh kalo inget .. ampun2 dehhh ...
Sama pas mo tdr malam dan tiap habis mandi dikasih transpulim bb . dah sih itu aja ..
kalo 2minggu blm smbuh (kaya waktu itu  Cry )
baru nadd ke dsa dan memasrahkan obat apapun yg akan doi kasih ..
kmrin lora ud dapet antibiotik .
krna pileknya dah lebih dr 2minggu
dah pke NIPE, OZEN, MUCOPECT.
tapi ga syembuuh ... syalalallalalallaaaaa ..

huuhhh Cry
Logged

Fael's Mother

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 249

Fael & Barney


View Profile Email
« Reply #7 on: June 04, 2008, 01:26:13 pm »

Hallo Moms.. udah lama ga OL nih...
Fael juga baru kena flu.. dan seperti biasa pasti ingusnya aku isep pake mulut.. soalnya kalo ga bgt kasihan banget tersiksa dengan ingusnya..
aku sih kasih Triaminic Pilek..
selama ini lumayan cepet sembuh juga pake obat ini... Smiley

semoga cepet sembuh yah...
Logged

flora kilapong
Guest


Email
« Reply #8 on: June 04, 2008, 06:33:15 pm »

2 minggu yang lalu Zefanya batuk pilek ... aku kasikan Jeli Gamat & Spirulina ... terus ingusnya aku sedot pake mulutku karena emang dari kecil kalo pilek disedot ... terus bobonya bantal agak ditinggikan dari biasanya supaya nyaman / meringgankan mampet ... mayan sembuh ... karena kalau harus ke DSA sayang uangnya kalo bisa yang alami jangan minum obat mulu ... uh 
Logged
sisca gunawan

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 484

look at me..!!

fransie_7715@yahoo.com fransie_7715
View Profile WWW Email
« Reply #9 on: June 04, 2008, 08:59:08 pm »

 Grin hai moms,

kl aku sih terapi uap aja (hihihi berhub aku ada alatnya sendiri di rmh, ga perlu ke rs sgala),  Grin 3 hari terapi pagi sore dah sembuh tuh..plg kalo demam aku ksh tempra aja, dan kl pas bobo aku tetesin Illiadin di idungnya.  Grin

Logged

nilamjl

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 18

nilam_jl@hotmail.com angelashmily@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #10 on: August 13, 2008, 10:11:36 pm »

halo moms.....salam kenal Smiley....ini mama evan...
senang banget bisa gabung di forum ini... Grin

aku bingung nih moms,evan kok gampang sekali ya kena flu..
sekarang evan umur 10bln n dia dah 4x kena batuk pilek..
pertama kali umur 3bln...jadinya dia bolak balik minum obat baik itu puyer
ato pun sirup...aku kasian ma anakku masi kecil tapi dah bnyk kemasukan
bahan kimia dr obat2an itu Cry....sekarang si evan lg batuk pilek nih..
obatnya dah mau abis tp belum sembuh2..gmn ya moms pencegahannya

thanks Smiley
Logged
ibunya azwa
Guest


Email
« Reply #11 on: August 13, 2008, 11:59:36 pm »

mama evan,
kasian juga ya pilek ampe 4x gituh...

pertama, kita harus liat. apakah dirumah sering ada yang pilek/flu? kalo iya, ya harus disembuhin total dulu semua. Soalnya flu kan kalo di keluarga kayak neverendingsickness gituh  Roll Eyes satu sembuh, satunya kena dst dst. Anak jadi korban juga.

Kedua, cek sirkulasi udara. Bagus nggaknya, ada sikulasi udara yang baik ato engga, kamar ACan terus tanpa pernah buka jendela juga jadi sumber penyakit.

Trus, aku liat mama juga sering kasi obat ke bayinya yah? Puyer pula... sebenernya puyer kan udah sama sekali gak direkomen untuk pengobatan. *coba search topik soal puyer di sini ya*

Takutnya juga, dulu anaknya pernah kena antibiotik.. ini dia biang segala neverendingflu. KAsus ini kejadian sama tetangga, dari anaknya bayi, kalo pilek-batuk bawa ke dokter dikasi antibiotik *padahal ga perlu* jadinya kumannya makin lama makin imun, makin lama sakitnya. Sampeeee sekarang.

Jadi pengobatannya sekarang, pake cara alami aja.. kasian anak dikasi 'racun'. Dijemur, dikasi transpulmin bb balsam, dikasi ASI, kalo udah maem ya dikasi sup-sup berkaldu (ayam kampung ampuh lho!)

Nah, kalo perlu penguapan tapi ga punya alatnya gampang kok. Punya ketel listrik? Naaah.. itu dikasi air dan buat ngedidihin air tapi ga usah ditutup. Begitu mendidih.. kasi colekan vicks vaporub. Tutup ruangan dan diem aja diruangan itu. Fungsinya sih melembabkan udara. Karen kalo udara kering bikin tambah sakit flunya.
Logged
sisca gunawan

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 484

look at me..!!

fransie_7715@yahoo.com fransie_7715
View Profile WWW Email
« Reply #12 on: August 14, 2008, 02:23:38 am »

halo moms.....salam kenal Smiley....ini mama evan...
senang banget bisa gabung di forum ini... Grin

aku bingung nih moms,evan kok gampang sekali ya kena flu..
sekarang evan umur 10bln n dia dah 4x kena batuk pilek..
pertama kali umur 3bln...jadinya dia bolak balik minum obat baik itu puyer
ato pun sirup...aku kasian ma anakku masi kecil tapi dah bnyk kemasukan
bahan kimia dr obat2an itu Cry....sekarang si evan lg batuk pilek nih..
obatnya dah mau abis tp belum sembuh2..gmn ya moms pencegahannya

thanks Smiley

moms, salam kenal ya...  Grin pernah coba di fisioterapi nebuliser (terapi uap) blm ??  Wink itu cukup efektif loh, dan anak juga ga perlu minum obat  Grin moms ke dsa aja, disana biasanya ada  Grin, kl dsa di jakarta seh rata2 sudah pakai cara begini utk mengatasi bayi/anak pilek atau batuk  Grin
cuma....kl fisioterapi itu kan ga bisa 1x, biasanya 3-4 kali, stiap hari bgt, cukup 10-15 menit aja...nah itu tuh yg bikin ribet bolak balik ke dsa nya  Grin

dolo pas pertama kali anakku pilek usia 4 bulan, aku ke dsa fisioterapinya, hihhh skrg seh udah engga lagi...aku dah beli alatnya, jd di rmh aja, dan resep obat uapnya dari dsa  Grin hihihihih cuma..jarang skali dipakenya, huahhahahahaha

Slesai di terapi kan, anak punggungnya ditepuk tepuk, trus...tuh lendir (ingus) kluar deh... Grin anak jd lega pernapasannya dan tidur nya jd bisa tenang  Grin
Logged

nilamjl

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 18

nilam_jl@hotmail.com angelashmily@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #13 on: August 14, 2008, 01:07:55 pm »

thanx moms advicenya....
Quote
Logged
nilamjl

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 18

nilam_jl@hotmail.com angelashmily@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #14 on: August 14, 2008, 01:19:07 pm »

mama evan,
kasian juga ya pilek ampe 4x gituh...

iya nih mama azwa,jadi pusing rasanya kalo evan kena pilek lagi


Trus, aku liat mama juga sering kasi obat ke bayinya yah? Puyer pula... sebenernya puyer kan udah sama sekali gak direkomen untuk pengobatan. *coba search topik soal puyer di sini ya*

sebenarnya berat juga mau ngasi puyernya ke evan cuma mau gmn lg
resepnya yang ngasi dokter....

Takutnya juga, dulu anaknya pernah kena antibiotik.. ini dia biang segala neverendingflu. KAsus ini kejadian sama tetangga, dari anaknya bayi, kalo pilek-batuk bawa ke dokter dikasi antibiotik *padahal ga perlu* jadinya kumannya makin lama makin imun, makin lama sakitnya. Sampeeee sekarang.

nah ini dia sang dokter specialis tuh yg kasih antibiotik...
jadi kalo anak batpil ga perlu dikasih obat ya moms...?saya suka
ga tega dengar batuknya sampe berdahak...

Jadi pengobatannya sekarang, pake cara alami aja.. kasian anak dikasi 'racun'. Dijemur, dikasi transpulmin bb balsam, dikasi ASI, kalo udah maem ya dikasi sup-sup berkaldu (ayam kampung ampuh lho!)

"transpulmin bb balsam" itu apa ya mba Depe?

Nah, kalo perlu penguapan tapi ga punya alatnya gampang kok. Punya ketel listrik? Naaah.. itu dikasi air dan buat ngedidihin air tapi ga usah ditutup. Begitu mendidih.. kasi colekan vicks vaporub. Tutup ruangan dan diem aja diruangan itu. Fungsinya sih melembabkan udara. Karen kalo udara kering bikin tambah sakit flunya.

nyari alat uap itu biasanya dmn ya mba Depe?
Logged
Pages: [1] 2 Print 
« previous next »
Jump to:  


Login with username, password and session length

Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2013, Simple Machines