Welcome, Guest. Please login or register.
April 21, 2014, 09:40:44 pm
Home Help Calendar Login Register
News:

+  ** C E L O T E H ** S A N G :: I B U **::
|-+  FAKTOR PEMBENTUK KECERDASAN
| |-+  Bonding & Stimulasi
| | |-+  Tata Cara Memijat Bayi
« previous next »
Pages: [1] 2 Print
Author Topic: Tata Cara Memijat Bayi  (Read 20847 times)
grace

Offline Offline

Posts: 29


View Profile
« on: July 19, 2007, 08:26:35 am »

Ini nich tata cara stimulasi anak melalui pijat bayi.. Smoga bermanfaat ya..


Grace


-----------------
Tata Cara Memijat Bayi

Source: Republika,
Minggu, 22 September 2002


''Ah, kuno. Itu kan kebiasaan orang kampung.'' Begitu barangkali penilaian sebagian orangtua terhadap pijat bayi. Penilaian seperti itu patut disayangkan. Sebab faktanya, pijat bayi sangat besar manfaatnya buat makhluk mungil yang baru lahir ke dunia itu.

Banyak penelitian yang telah membuktikan hal itu. Salah satunya dilakukan para ahli dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami pada tahun 1986. Dipimpin oleh Tiffany M Field PhD, para peneliti mengamati bayi-bayi prematur yang diberi pijatan (terapi sentuhan). Ternyata, bayi-bayi prematur yang dipijat secara teratur setiap hari menunjukkan perkembangan fisik dan emosional yang lebih baik ketimbang bayi-bayi yang tidak dipijat.

Manfaat pijat bayi juga dikemukakan oleh ahli neonatologi dr Utami Roesli SpA. Ia mengatakan, bayi-bayi prematur yang dipijat selama sepuluh hari akan mengalami peningkatan berat badan 20 hingga 40 persen lebih besar ketimbang bayi-bayi prematur yang tidak dipijat. Selain itu, katanya, bayi-bayi yang dipijat selama lima hari saja, daya tahan tubuhnya akan mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibanding bayi-bayi yang tidak dipijat.
Pijat bayi ternyata bukan hanya berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan emosional bayi. Jika dilakukan oleh ayah misalnya, maka pijat bayi itu bisa meningkatkan produksi ASI (Air Susu Ibu) pada tubuh ibu. ''Inilah pemberdayaan ayah,'' katanya. Tapi bagaimana penjelasannya?

Kata Utami, ketika seorang ayah berinisiatif memijat si bayi, hal itu akan menimbulkan perasaan positif pada istri. Inisiatif suami ini membuat istri merasa disayang, nyaman, dan perasaan positif lainnya. Dan perasaan seperti ini akan merangsang produksi hormon oksitosin. Untuk diketahui, hormon ini sangat berguna untuk memperlancar produksi ASI. Penelitian menunjukkan, 80 persen produksi hormon oksitosin dipengaruhi oleh kondisi psikis ibu.

Selain itu, pijat bayi akan membuat bayi cepat lapar. Dikatakan Utami, makin banyak ASI disedot oleh bayi (menyusui), maka produksi ASI makin meningkat. Ini karena dalam proses produksi ASI berlaku hukum supply and demand. Artinya, makin banyak ASI dikeluarkan, makin banyak pula ASI diproduksi. Begitu pula sebaliknya.

Tata cara pemijatan

Mengingat manfaatnya yang tidak kecil, sudah sepantasnya para orangtua menerapkan terapi sentuhan ini pada bayi mereka. Bagaimana caranya, ikuti tips berikut ini.

Sebelum mulai memijat, lakukan beberapa langkah persiapan, yaitu: * Mencuci tangan.
* Hindari kuku dan perhiasan yang bisa menggores kulit bayi.
* Ruang untuk memijat usahakan hangat dan tidak pengap.
* Bayi selesai makan atau tidak berada dalam keadaan lapar.
* Usahakan tidak diganggu dalam waktu lima belas menit untuk melakukan proses pemijatan.
* Baringkan bayi di atas kain rata yang lembut dan bersih.
* Ibu/ayah duduk dalam posisi nyaman.
* Sebelum memijat, mintalah izin kepada bayi dengan cara membelai wajahnya sambil mengajak bicara.

Setelah melakukan persiapan itu, pemijatan bisa dimulai. Berikut ini contoh cara memijat beberapa bagian tubuh bayi:

* Pijat kaki
Mulailah dengan memegang kaki bayi pada pangkal paha seperti cara memegang pemukul softball. Gerakkan tangan ke bawah secara bergantian seperti memerah susu dan putar.

Pegang pangkal paha dengan tangan secara bersamaan memeras dan memutar kaki bayi dengan lembut dari pangkal paha ke arah mata kaki. Kemudian, telapak kaki diurut dengan dua ibu jari secara bergantian mulai dari tumit ke seluruh telapak kaki. Pijat jari kaki satu-persatu dengan memutar menjauhi telapak, diakhiri tarikan lembut di tiap ujung jari. Lalu, peras dan putar pergelangan kaki dengan ibu jari dan jari lain. Usap kaki bayi dengan tekanan lembut dari pangkal paha hingga akhir.

* Perut bayi
Pijat perut bayi dari atas ke bawah seperti gerakan mengayuh sepeda. Pijat perut mulai bagian kiri atas ke bawah dengan jari-jari tangan membentuk huruf I lalu L terbalik.

* Pijat dada
Buat gerakan ke atas sampai dengan bawah leher lalu ke samping kiri-kanan di atas tulang selangka membentuk gambar jantung lalu kembali ke ulu hati. Gerakan diagonal di dada (huruf X) dari kiri ke kanan.

* Pijat lengan bayi
Peras dan putar dengan kedua tangan dengan lembut mulai dari pundak ke pergelangan tangan. Pijat telapak tangan dengan ibu jari mulai telapak hingga jari-jari. Usap punggung tangan dari arah pergelangan ke jari-jari dengan lembut. Peras sekeliling pergelangan tangan dengan ibu jari dan telunjuk.

* Pijat muka
Letakkan ibu jari diantara alis mata si bayi. Pijat dengan ibu jari secara lembut pada alis dan di atas kelopak mata. Pijat dari pertengahan alis turun ke bawah melalui samping lipatan hidung.

* Pijat punggung
Tengkurapkan melintang. Pijat punggung dengan gerakan maju mundur sepanjang punggung mulai dari pantat hingga leher. Buat gerakan melingkar dengan jari-jari mulai batas punggung sampai dengan pantat.
Logged
grace

Offline Offline

Posts: 29


View Profile
« Reply #1 on: July 19, 2007, 08:58:12 am »

Ini tambahan manfaat pijat bayi dari Pontianak Post (Minggu, 15 Agustus 2004).

Manfaat Pijat Bayi


SEJAK si kecil lahir, biasakanlan untuk memijatnya. Sentuhan yang lembut dan menentramkan membuat si kecil merasa nyaman. Tapi, tidak itu saja, berikut ini adalah keuntungan lain yang bisa diperoleh si kecil dari pemijatan, diantaranya seperti berikut.

* Membantunya untuk bisa tidur nyenyak.

* Mengembangkan kecerdasan dan keterampilan psikomotorik.

* Membantu bayi belajar untuk relaks.

* Meningkatkan ikatan dan komunikasi dengan orang tua.

* Meningkatkan fungsi pencernaan, pernapasan serta sistem peredaran darah, saraf dan sistem kekebalan tubuh.

* Membantu melegakan atau meringankan ketidaknyamanan akibat. sakit perut (kolik), sesak napas, dan tumbuh gigi.

* Menurunkan produksi hormon stres.

* Mengurangi bayi rewel.

* Menambah kepercayaan dirinya karena merasa dicintai, diterima dan direspon.

* Membantu meningkatkan kemampuan bicara.(lisa).
Logged
ira
Ibu RT

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 333


mama & zahra

martinairawati@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #2 on: July 19, 2007, 02:09:44 pm »

jika bayi pada awalnya tidak suka, atau menangis, cobalah berbicara dengannya dengan wajah tersenyum.. hingga baby terbiasa
jika sudah beberapa kali dilakukan, bayi akan memiliki kesukaan sendiri bagian yg ingin dipijat..
jika sudah begitu, bunda dapat lebih lama memijat bagian tsb.
have fun w/ your baby..  Cool
Logged

flora kilapong
Guest


Email
« Reply #3 on: July 19, 2007, 08:06:18 pm »

Zefanya kalau habis dipijat waktu tidurnya lebih lama ( enak kali yee ... sampai mimpi dipijat terusssss  Cheesy )

di sekolahnya Zefanya, untuk Ibunya diajarin pijat juga walaupun hanya beberapa gerakan  Roll Eyes
Logged
th3

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 653

Joshua Williams


View Profile Email
« Reply #4 on: July 21, 2007, 12:43:42 pm »

Williams juga klo agak rewel,dipijat sama mertua saya...lgsg deh sembuh...
lagipula klo dipijat kan jd lebih banyak kontak fisik ibu-bayi,jdnya bisa skalian ngasi liat anak klo kita sayang dia... Smiley
Logged
flora kilapong
Guest


Email
« Reply #5 on: July 21, 2007, 04:25:26 pm »

janganpun baby kita aza yang dewasa  Wink kalau dipijat enak
o yach tadi di sekolahnya zefanya diajarin pijat bayi untuk bagian perut
Logged
anissa ayu
Guest


Email
« Reply #6 on: July 21, 2007, 06:18:40 pm »

anakku udah kupijat dari umur 3 minggu, waktu itu yg neglakuin paraji.., trsu skg..tiap ganti baju,/abis mandi..pasti kupijet..
pokoknya pijet deh.., tidur lebih nyenyakk..
N kalu anakku abis perjalanan jauh..pasti kupanggil bibi pijat.., krn mungkin punggung/ pantatnya pegel...
Anak ku skg udah kebiasaan pijet, terutama perut..soalnya kalu bobo bajunya suka kebuka/keliatan perut..wahh..bisa masuk angin kan..

oya oijet juga bermanfaat kalu anakku lagi susah pup.. Wink
Logged
ira
Ibu RT

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 333


mama & zahra

martinairawati@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #7 on: July 23, 2007, 10:35:07 am »

yang massage u/ perut memang bisa mengurangi atau meredakan kolik.. kalo baby masih kecil
kalo ada angin juga bisa terbantu keluar.. bisa ditambah dengan senam bayi dengan cara angkat kedua kaki bayi, tekuk lututnya ke arah perut  sampai beberapa hitungan, zahra sangat menyukai aktivitas senam bayi.. untuk kaki dan tangannya
Logged

th3

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 653

Joshua Williams


View Profile Email
« Reply #8 on: August 09, 2007, 04:14:33 pm »

Yup!! senam emang GOOD...ya buat bayinya biar sehat,ya buat ibunya biar langsing...hehehe....
Logged
Giovanna Richelle Utama
Guest


Email
« Reply #9 on: October 28, 2007, 09:36:46 am »

moms, ada yang tau tempat pijat bayi di daerah kelapa gading, sunter, atau cempaka putih? thanks for the informations...
Logged
michel
Guest


Email
« Reply #10 on: October 28, 2007, 11:16:57 am »

ada di jl sawah lio. masuk ke gank2 gitu deh. tp kl da sampai di jl sawah lio tinggal nanya emak2 yg biasa ngurut bayi ibu saru pasti lgs diksh unjuk. menantunya jg ada yg bisa ama cucunya. depannya ada yg jual soto mie. dd kl hbs dipijet bobonya nyenyak n ga rewel
Logged
christ_ar
Guest


Email
« Reply #11 on: October 29, 2007, 09:53:43 am »

moms, ada yang tau tempat pijat bayi di daerah kelapa gading, sunter, atau cempaka putih? thanks for the informations...

mbak .. pijat sendiri aja ...

beli bukunya di gramedia .
atau mau copy cd nya? aku ada ni
Logged
Giovanna Richelle Utama
Guest


Email
« Reply #12 on: October 29, 2007, 06:26:47 pm »

mbak fay, bukunya judulnya apa, en pengarangnya siapa yah ?

thanks yah..
Logged
flora kilapong
Guest


Email
« Reply #13 on: October 29, 2007, 06:39:36 pm »

Mamanya Giovanna bagaimana kalau ta pinjamin aza buku pijat bayinya  Huh?
Logged
christ_ar
Guest


Email
« Reply #14 on: October 30, 2007, 08:06:05 am »

mendingan nonton CD nya sih...
kalo baca bukunya rada bingung...

mmm...mau donlod? atau mau copy cd nya?
Logged
Pages: [1] 2 Print 
« previous next »
Jump to:  


Login with username, password and session length

Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2013, Simple Machines