Welcome, Guest. Please login or register.
April 19, 2014, 08:47:04 am
Home Help Calendar Login Register
News:

+  ** C E L O T E H ** S A N G :: I B U **::
|-+  KESEHATAN ANAK
| |-+  Imunisasi
| | |-+  Pemberian Vitamin A
« previous next »
Pages: [1] 2 Print
Author Topic: Pemberian Vitamin A  (Read 5588 times)
ira
Ibu RT

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 333


mama & zahra

martinairawati@yahoo.com
View Profile Email
« on: September 28, 2007, 07:41:33 pm »

Pemberian vitamin A dosis tinggi saat ini di Indonesia cuma bisa didapat di Posyandu yah?
Kemarin aku tanya di DSA, ternyata katanya vitamin A dosis tinggi untuk mencegah kebutaan pada bayi memang hanya bisa diperoleh di Posyandu, karena pendistribusiannya lewat pemerintah, dan pembagiannya sekitar bulan Februari.
Nah ada yang tau nggak ya, kalo ke Posyandu itu gimana caranya, apa harus ada pengantar dari rt, untuk dapet kartunya ? (kan kalo ga salah di data tuh)
Penting ga sih pemberian vitamin A ke anak? atau sudah cukup kita kasih wortel dan susu yg mengandung lutein?
Logged

khalisanaura
Guest


Email
« Reply #1 on: October 01, 2007, 08:21:20 am »

klo ga salah emang prog vit A itu diadakan di posyandu n puskesmas Ra, spy terjangkau semua lapisan masyarakat.

wkt cuti bersalin kemaren aku prnh loh bw khalisa ke Posyandu RT, cm iseng ajah, kyk apa seh posyandu itu..

Klo di tempat tinggal ortu di ciracas, posyandu dibuka untuk 3 RT, ada tiap tgl 26 setiap bulan, lokasi biasanya dicari2 yg tempatnya lumayan besar n teduh (kebetulan wkt itu dekat rumah ortu), or bisa jg udh ada tempat tetap tiap bulannya..

Disana paling cm bayar kartu KMS aja, klo ga salah 2 rb doank hehe..

Cari infomasi dr ibu2 tetangga sebelah aja Ra..
Logged
flora kilapong
Guest


Email
« Reply #2 on: October 01, 2007, 12:57:52 pm »

Pemberian vitamin A dosis tinggi saat ini di Indonesia cuma bisa didapat di Posyandu yah?
Kemarin aku tanya di DSA, ternyata katanya vitamin A dosis tinggi untuk mencegah kebutaan pada bayi memang hanya bisa diperoleh di Posyandu, karena pendistribusiannya lewat pemerintah, dan pembagiannya sekitar bulan Februari.
Nah ada yang tau nggak ya, kalo ke Posyandu itu gimana caranya, apa harus ada pengantar dari rt, untuk dapet kartunya ? (kan kalo ga salah di data tuh)
Penting ga sih pemberian vitamin A ke anak? atau sudah cukup kita kasih wortel dan susu yg mengandung lutein?

vitamin A dosis tinggi untuk mencegah kebutaan hanya bisa didapatkan melalui posyandu  Huh?

kalau gitu mensti cari posyandu deket rumah nich ...
di daerah Petamburan Slipi, ada yang tau posyandunya sebelah mana yach ? ( topiknya Vitamin A plus Posyandu niy  Smiley )

kenapa DSA tidak bisa menyediakan  Huh?
 
Logged
christ_ar
Guest


Email
« Reply #3 on: October 01, 2007, 02:29:13 pm »

aku pernah baca ya kalo vitamin A itu tidak bisa larut dalam tubuh atau gimana gitu...
nah jadinya ga boleh banyak2 vitamin A nya

makanya kalo ngasih ati ayam ga boleh tiap hari
Logged
christ_ar
Guest


Email
« Reply #4 on: October 01, 2007, 02:35:48 pm »

o ya di sini aku bacanya...
di topik ku yang judulnya ABC nya makanan

"•   Kandungan vitamin A-nya yang sangat tinggi. Padahal, vitamin A tidak larut dalam air sehingga sering menumpuk di hati. Makanya, dianjurkan untuk memberikannya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu."
Logged
ibunya azwa
Guest


Email
« Reply #5 on: October 01, 2007, 03:59:01 pm »


vitamin A dosis tinggi untuk mencegah kebutaan hanya bisa didapatkan melalui posyandu  Huh?

kalau gitu mensti cari posyandu deket rumah nich ...
di daerah Petamburan Slipi, ada yang tau posyandunya sebelah mana yach ? ( topiknya Vitamin A plus Posyandu niy  Smiley )

kenapa DSA tidak bisa menyediakan  Huh?
 

di deket rs pelni ada kalo Flo.... biasanya sih posyandu tu adanya karna ibu2 kompleknya pada aktif mengadakan gerakan posyandu, kalo di komplekku dokter ama suster yang dateng darii siloam karawaci... beberapa ibu bahkan imunisasi wajibnya gretong bo... tapi aku takuutt... kapsul vit a az malah dah pernah dapet.. sebenrnya belom waktunya, tapi gatau deh kenapa bisa dikasi, aku sampe ngamuk sama yang ngasuh. soalnya udah diwanti2 jangan diapa2in hanya bole ditimbang.. ehhh.. malah dincrutin kapsul vit A yang harusnya baru buat anak 9bulan. *jadi curhat* maap jd OOT  Tongue
Logged
ira
Ibu RT

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 333


mama & zahra

martinairawati@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #6 on: October 01, 2007, 09:57:39 pm »


kenapa DSA tidak bisa menyediakan  Huh?
 

karena pendistribusian nya dipegang sama pemerintah, ceuna.. jadi Rumah Sakit ga dikasih (aneh ya?)


kapsul vit a az malah dah pernah dapet..
seharusnya kapsul vit A buat anak 9bulan.

hmm ini kaya kejadian di rumah lamaku, di Margonda, aku dikasih tetangga kartu kuning yg katanya u/ imunisasi di Posyandu.. di situ ada 3 macam, salah satunya vit A.
zahra waktu itu umur 3 atau 4 bulan yah, aku lupa, tapi karena tetangga kasihnya mendadak dan katanya harus saat itu juga ke posyandu, aku jadi urung pergi - dan juga aku ga tau dimana posyandunya, trus ga ada temen bareng, lagian sebelumnya zahra sudah dpt salah satu imunisasinya, jadi wae.. ga jadi ke posyandu
apa karena massal, jadi sikat ajah berapa pun usia si anak? waahh berabe juga...

nah, jadi sebenernya perlu atau nggak nih pemberian vitamin A pada anak?

btw, telapak kaki dan tangan zahra warnanya jadi kuning agak oranye gitu.. jadi sekarang aku ga kasih dia wortel
Logged

ibunya azwa
Guest


Email
« Reply #7 on: October 02, 2007, 12:14:18 pm »

Ira, berati zahra kebuanyakan mam wortel tuh... kekekek... kasian amat, maknya kasi wotel mulu.. kayak "karenci" Wuahahahahaha
*lariiiiy....*
Logged
khalisanaura
Guest


Email
« Reply #8 on: October 02, 2007, 12:36:44 pm »

masa siy gara2 sering maem wortel jd kuning kulitnya..khalisa tiap hr maem wortel buat campuran di bubur saring, tp gpp tuh..abis mo dikasih apalg, ini pantang itu pantang Cry
Logged
ibunya rakha

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 132

hhmmmm.......nyot..nyot....


View Profile WWW Email
« Reply #9 on: October 02, 2007, 02:37:45 pm »

kalo ditempatku ibu2nya rajin sensus anak-anak di lingkungan kita....jadinya kita para ibu tau kapan jadwalnya dikasih imunisasi + vit.a.......
ko bisa yach dikasih wortel jadi kuning kulitnya..khan wortel itu bagus bgt buat mata..
Logged

Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #10 on: October 02, 2007, 04:07:57 pm »

btw, telapak kaki dan tangan zahra warnanya jadi kuning agak oranye gitu.. jadi sekarang aku ga kasih dia wortel

Zahra kurang dijemur aja kali Ra...
kalu wortel bikin kulit kuning mah, masa iya sih?
Andra juga tiap hari buburnya 'ta parutin wortel lokal kurus 1 biji tuh... dia ga kuning koq Ra... tambah item iyah... kayak eyangnya org Jawa Grin  Grin
Logged
ira
Ibu RT

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 333


mama & zahra

martinairawati@yahoo.com
View Profile Email
« Reply #11 on: October 02, 2007, 08:01:38 pm »

eehh bener lho.. zahra dari 6 bulan sampe 9 bulan dikasih wortel terus juga tiap makan tapi memang ga papa kulitnya biasa aja

nah di umur 10 bulan ini pas gw liat, " lho kok kuning yah? apa ketularan gue kena hepatitis? tapi matanya ga kuning kok.. "
ternyata kata DSA kebanyakan wortel..

sebelumnya zahra biasanya makan wortel yg kecil2 tea.. trus beberapa hari ini dikasih wortel yg segede-gede gaban itu lho.. yg ukurannya 3-4 kali wortel biasa (abis liat di carrefour kayanya bagus gituh).. gue curiga, apa gara2 wortel varian ini ya?
Logged

khalisanaura
Guest


Email
« Reply #12 on: October 03, 2007, 08:26:09 am »

sebelumnya zahra biasanya makan wortel yg kecil2 tea.. trus beberapa hari ini dikasih wortel yg segede-gede gaban itu lho.. yg ukurannya 3-4 kali wortel biasa (abis liat di carrefour kayanya bagus gituh).. gue curiga, apa gara2 wortel varian ini ya?

wortel yg segede paha itu kan produk GMO (Genetically Modified Organism) = tanaman transgenik, mgkn ajah itu efek sampingnya..  Roll Eyes

kita emang harus hati2 milih sayur n buah, lebih baik pilih yg lokal drpd impor.. Buah n sayur hasil transgenik emang bagus di penampilan tp efek hasil rekayasa genetika pasti ada n bahaya bg tubuh kita (maaf jg OOT)
Logged
Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #13 on: October 03, 2007, 08:53:20 am »

sebelumnya zahra biasanya makan wortel yg kecil2 tea.. trus beberapa hari ini dikasih wortel yg segede-gede gaban itu lho.. yg ukurannya 3-4 kali wortel biasa (abis liat di carrefour kayanya bagus gituh).. gue curiga, apa gara2 wortel varian ini ya?

yup bner Ra. Tu wortel impor kan digendutin & di-oranye-in pake obat ya... kayak ayam boiler gityu lah, makanya mamaku MELARANG keras aku beli-2 wortel gendut itu, 'palagi buat bubur si Andra.
soal ini jg aku pernah konfirmasikan dgn DSA Andra.

lebih baik pake wortel indonesia yg kurus-2 panjang, yg warnanya oranye muda pucet. Lebih aman Ra....
Logged
ibunya azwa
Guest


Email
« Reply #14 on: October 03, 2007, 09:25:13 am »

iya mending wortel lokal Ra, lebih manisss..... walo bentuknya ga ada manis-manisnya  Grin
Logged
Pages: [1] 2 Print 
« previous next »
Jump to:  


Login with username, password and session length

Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2013, Simple Machines