Tips Memperbanyak ASI

(1/4) > >>

flora kilapong:
Supaya ASI banyak,
berikut tips untuk memperbanyak ASI

- Berikan ASI kepada bayi sesering mungkin, sesuka bayi.

- Berikan ASI dari satu payudara, sampai bayi kenyang, baru tawarkan
payudara berikutnya. Hal ini untuk mencegah ketidakseimbangan ASI
yang keluar duluan (foremilk) dengan ASI yang keluar belakangan
(hindmilk).

- Biarkan bayi yang mengakhiri sesi menyusui ini. Jangan lepaskan
payudara sebelum bayi kenyang, biar ia sendiri yang melepaskannya.

- Pastikan posisi menyusui sudah benar, ingat mulut bayi harus berada
pada seluruh daerah areola, bukan hanya pada puting.

- Bulatkan TEKAD dan tingkatkan rasa percaya diri bahwa ibu pasti
bisa memberikan ASI.

- Perbanyak frekwensi pemberian ASI. Semakin banyak ASI dihisap bayi,
semakin banyak pula ASI yang akan diproduksi.

- Jangan menunggu sampai payudara terasa penuh baru memberikan ASI,
kadang2 ibu2 suka salah kaprah dan menunggu sampai payudaranya terasa
penuh baru memberikan ASI.

- Perbanyak skin to skin contact. Biarkan bayi tanpa pakaian
dipelukan ibu yang juga tidak menggunakan baju, supaya bayi familiar
sama ibunya, sentuh bayi, nyanyiin lullaby, ajak dia bercanda, dll.

- Bulatkan tekad untuk memberi ASI eksklusif.

- Jangan sedia stok susu formula... karena akan "menggoda" ibu untuk
memberikannya. Please, hanya ASI-lah yang terbaik untuk bayi.

- Tetap semangat dan jangan menyerah untuk ASI. We can do it

michel:
kl aku hr pertama kedua aja uda nyerah. hbs dd ga mau. minum dikit nangis lg. dikasih tetep nangis.
my mum ngomel2 suru ksh formula aja. awalnya keukeuh lama2 ya udalah. ga tega liat si dd nangis terus. trus dadynya bawa nan. pertama ksh 30 cc. eh diem. ga lama minta lg. trus bobo deh.
pdhal payudaraku da sakit bgt. kdg2 suka kluar jg cairan bening. kdg2 campur putih dikit. my mum said ASI ku ga bkwalitas. ga bikin kenyang.
share donk knpa bisa gitu yah

osiosa:
halow mama michel, kembarku dua hari ga minum apa2 lho..sejak aku minta ke pihak RS untuk ASI X, biarpun menangis kayak apa si kembar cuma kuberikan payudara yang waktu itu masih 'kosong'. ada si beberapa tetes kolostrum (bening agak keruh. kadang kekuningan). keliatannya mereka belum kenyang. tapi menurut sebuah artikel menyusui, bayi baru melahirkan memang lambungnya cuma kuat menampung 5 ml, sementara hari2 awal ibu menyusui sdh mengasilkan 7 ml. semakin sering disedot ASI akan semakin banyak keluar. aku juga sempat dirayu ibu n mertua yang ga tega kalo si kembar nagis barengan. (ato aku yang tega ya.... :))
hari keempat ASI baru netes2. hari keenam ASI sudah mancur. dan sampai sekarang ASIku insya Allah masih mencukupi untuk mereka. buktinya BBnya terus nangis. ;)
ASI itu kiriman makanan langsung dari Tuhan untuk bayi kita. masak ga berkualitas? sabar ya jeng. saranku, michel sekarang sesering mungkin diberikan ASI, sampai hanya ASI yang dia mau. pengaruhnya bagus banget. si kembar sampai 4,5 bulan bisa dikata ga pernah sakit. pertumbuhannya optimal. ok....

ira:
ahh mamanya osi osa, sama banget nih ceritanya, aku juga baru hari ke 4 kalo nggak salah mulai mengucur..
tapi sayangnya my mom and suster2 di RS sudah terlanjur ngasih zahra sufor pas baru lahir.. padahal aku pengen kasih zahra ASI aja.. kesel deh, ga ada yg dukung!
aku juga pernah baca, bayi baru lahir memang cukup dengan kolostrum (cairan berwarna kuning yg kental) walaupun cuma sedikit (3 hari pertama biasanya memang belum keluar semua ASI nya), jadi seharusnya pas baby nangis, sodorin aja puting si ibu, toh baby nya dan mama nya lagi proses belajar.. bayi ga bisa langsung isep, ibu juga ga bisa (masih kagok) gendong bayinya.
maka nya sebelum melahirkan ada baiknya, calon ibu mensosialisasikan tentang ASI eks ke orang2 terdekat, dan meng informasikan pada pihak RS, sehingga dedeknya ntar tidur bareng 1 kamar, dan ga di stok in su for..

macherieannabelle:
bunda michel..jangan putus asa ayo berjuang ( apa seh)..pengalamanku waktu kesya baru lahir juga seperti itu..kadang sampai punyaku bengkak karena dia malas ngisep....sampai yang tadinya asi keluar banyak dan sekali pompa dapet 150 - 200 cc satu doank tuh sampe 5 cc aja suseh bgt..tergoda juga untuk mix dgn sufor...tapi karena  sahabatku dan dsa ku cerewetin soal asi eksklusif akhirnya aku coba terus..dan sampai sekarang ( kesya 1 tahun) masih asi tanpa sufor.

asi itu ajaib banget, kesya aza selama 1 thn itu cuma flu 1 kali dan cuma 3 hari sembuh, ngak pernah panas walaupun disuntik...waktu tumbuh gigi aja ngak panas dan kuat...dan ngak ada asi yg tidak berkualitas ...kaalu ada yg ngak berkualitas berarti setiap ibu harus tes dulu berkualitas apa ngak..hi hi hi..aku yakin bunda michel makannya bergizi donk...jangan pernah takut asi kita ngak cukup buat baby....Tuhan menciptakan asi jumlahnya sesuai dgn kebutuhan bayi tapi kuncinya kita harus percaya diri karena salah satu faktor terpenting terbentuknya asi dari pikiran kita dan semakin sering baby menghisap itu akan semakin banyak membentuk asi.

bunda pasti bisa deh...percaya diri dan berdoa terus pasti bisa....bunda bunda yang lain bisa...bunda michel juga bisa dunk.........cayoooooo  ;D

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page