Welcome, Guest. Please login or register.
April 23, 2014, 07:27:20 pm
Home Help Calendar Login Register
News:

+  ** C E L O T E H ** S A N G :: I B U **::
|-+  WELCOME TO THE CLUB!
| |-+  Pregnancy Club
| | |-+  Waspadai Placenta Praevia
« previous next »
Pages: [1] Print
Author Topic: Waspadai Placenta Praevia  (Read 38401 times)
flora kilapong
Guest


Email
« on: October 31, 2007, 11:51:50 am »

Waspadai Placenta Praevia         

Jangan anggap enteng placenta praevia. Menurut dokter, kondisi ibu hamil dengan letak plasenta  menutupi jalan lahir termasuk kehamilan berisiko tinggi. Tidak Bisa Dirasakan

Kehamilan pada setiap orang memang berbeda. Ada calon ibu yang memiliki banyak keluhan, ada juga yang merasa tidak punya masalah sedikit pun. Tapi kadangkala, meski tidak menunjukkan gejala apa pun bukan berarti bebas dari masalah, karena hampir 80% ibu hamil yang menderita placenta praevia justru mengira kehamilannya aman-aman saja.


Deteksi Sejak Dini

Ada tiga tipe placenta praevia yang dibedakan menurut gradasinya. Ada yang plasentanya menutupi seluruh jalan lahir, disebut placenta praevia totalis. Jika plasentanya hanya menutupi sebagian jalan lahir disebut placenta praevia partialis. Jika plasenta hanya sedikit menyentuh mulut rahim disebut plasenta marginalis. Setiap kehamilan yang mengalami placenta praevia bisa dipastikan harus melahirkan melalui proses operasi. Pada kasus tertentu ada suatu kondisi dimana plasenta terletak di bawah dan tidak sampai  menyentuh mulut rahim. Kondisi demikian disebut plasenta letak rendah dan masih ada kemungkinan calon ibu melahirkan normal.

Menurut Dr. Ivan R Sini, MD FRANZCOG GDRM SPOG, dari Rumah Sakit Bunda, Jakarta Pusat, hingga kini dunia medis pun belum dapat mengetahui penyebab dari perpindahan letak plasenta hingga menutupi jalan lahir. Begitu juga dengan cara mengembalikan letaknya ke posisi normal. Cara-cara 'tradisional' seperti bersujud atau mengepel lantai sekalipun, tidak berpengaruh pada kondisi placenta praevia. "Tidak ada cara lain untuk mengatasi plasenta praevia kecuali dengan mendeteksinya sejak dini,"kata Dr. Ivan. "Memang pada masa implantasi (masa dimana ari-ari menempel pada janin) pada ibu hamil, sekitar 2 % letak plasentanya berada di bawah. Tapi itu masih bisa berubah lagi,"kata Dr. Ivan. "Oleh sebab itu ada masa-masa penting bagi ibu untuk melakukan USG, yaitu pada usia kandungan 18-20 minggu. Saat melakukan USG sekalian juga periksa dimana letak plasentanya, jadi jika dari awal kita bisa waspada jika letak plasentanya ternyata di bawah, "tambah Dr. Ivan.


Caesar, Satu-satunya Jalan

Pada masa kehamilan 32-36 minggu, sebaiknya dilakukan USG lagi. Ini adalah waktu final, dimana letak plasenta tidak mungkin berpindah lagi. Jika kondisinya demikian, maka operasi caesar menjadi satu-satunya pilihan.

Operasi caesar pada kehamilan dengan kondisi placenta praevia relatif aman, namun ada beberapa situasi pada ibu yang membuat operasi jadi berisiko, yaitu: faktor umur, merupakan kehamilan kedua dengan placenta praevia dan telah mempunyai banyak anak.

Bagi para calon ibu yang sedang hamil, yang penting adalah tahu kapan harus pergi ke dokter. Terutama jika terjadi pendarahan yang tidak disertai rasa nyeri. Placenta praevia sebaiknya diwaspadai, meskipun Anda mungkin tidak merasakannya dan masih bisa beraktivitas seperti biasa.
 
 
Logged
churi0000
Guest


Email
« Reply #1 on: October 15, 2008, 05:34:21 pm »

numpang nanya dong..saya sedang hamil 18 minggu, dan saya baru saja melakukan usg rutin.dan ternyata placenta saya menutupi jalan lahir.Apakah ada kemungkinan bisa berubah dan saya melahirkan normal?karena jujur saja saya takut dengan bayang2 "placenta dibawah dapat enyebabkan pendarahan".  Sad
dan apa yg bisa saya lakukan supaya berubah menjadi tidak dibawah?
plissss....takut niihhh..
thanks
Logged
RetnoHiariej
Guest


Email
« Reply #2 on: October 15, 2008, 06:08:03 pm »

HAi churi0000...(namanya ribet ditulis... Grin)

Selamat atas kehamilannya...

Mom, Placenta previa ada kemungkinan berubah tempat/bergeser dan ada kemungkinan tidak. Kalo bisa bergeser ke atas...insyaAllah bisa ngelahirin normal tapi kalo tetep menutupi jalan lahir walaupun sebagian/setengah aja...satu2nya jalan ya operasi caesar...

Memang placenta previa bisa menyebabkan pendarahan krn letaknya yg ga semestinya tapi kalo mom istirahat cukup, ga kecapekan, ga stress n ga ML dulu kemungkinan ga pendarahan kok...Turuti aja nasihat dokter...
Oya, jangan terlalu khawatir placenta previa, bisa dialami siapa aja kok...Dan kalo nurut nasihat dokter InsyaAllah sehat, baik n lancar. Kalo terlalu khawatir bisa stress kasian ibu n bebinya...
Ada teman yg placenta previa, sempat pendarahan, istirahat, operasi caesar, sehat sampe sekarang...

Mom, kayaknya ga ada yang bisa dilakukan untuk mengubah placenta dari bawah ke atas/menggesernya...meskipun nungging...Jadi banyak berdoa aja...Jangan terlalu khawatir yaaaa....
Semoga placenta bisa bergeser ke atas ya n sehat smua ibu n bebinya.......
Logged
flora kilapong
Guest


Email
« Reply #3 on: October 16, 2008, 07:46:25 pm »

numpang nanya dong..saya sedang hamil 18 minggu, dan saya baru saja melakukan usg rutin.dan ternyata placenta saya menutupi jalan lahir.Apakah ada kemungkinan bisa berubah dan saya melahirkan normal?karena jujur saja saya takut dengan bayang2 "placenta dibawah dapat enyebabkan pendarahan".  Sad
dan apa yg bisa saya lakukan supaya berubah menjadi tidak dibawah?
plissss....takut niihhh..
thanks


18 minggu = hampir 5 bulan yach ... menurutku sich masih ada kemungkinan pindah posisi itu placenta ... tapi untuk pastinya ... pastikan & konsultasikan dengan dokter juga saat USG perhatikan benar2 itu posisi ... kalo dulu aku ketahuan itu Placenta Previa kalo gak salah pas 7 atao 8 bualanan gitu ... DSOG udah wanti2 jangan terlalu banyak gerak / capek ... bener kejadian ... kebetulan ada kerjaan sampe malam ... besok paginya jam 6 pendarahan langsung call DSOG Budijanto Chandra, Siloam Hospital menurut beliau langsung ke Siloam dan masuk di ruang LDS ... sampe 3 hari itu pendarahan gak brenti dan HARUS bed rest gak boleh banyak bergerak gak bisa turun dari t4 tidur sehingga pipis dll di t4 tidur ...

Logged
michel
Guest


Email
« Reply #4 on: November 30, 2008, 11:40:04 pm »

kl senam hamil bantu ga???
Logged
yupi

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 179


View Profile Email
« Reply #5 on: February 08, 2009, 02:05:49 pm »

wah ini dia pengalaman menegangkan waktu hamil Dd Faiz.
sekitar memasuki usia kandungan 223-23 minggu Obgyn-ku menyatakan bahwa kandunganku mengalami Placenta previa. katanya seeh placenta nya tuuh nutup jalan lahir dan memang rawan pendarahan. otomatis aku deg2an n takut kalo kudu di caesar. tapi dokterku memberikan harapan kalo placenta itu masih bisa bergeser (mudah2an) seiring menuju hari H
pantangannya seeh cuma PAPI nya kudu LIBUR dulu katanya
dengan sedih n berat hari tapi tekad kuat demi calon baby ikhlaslah papi nya anak2 pwasa alias libur  Grin

alhamdulillah memasuki usia 33 dokter menyatakan kalau posisi placentanya udah normal n ok untuk persalinan normal.
syukur banget ga sampe pendarahan dsb. karena emang suami jaga banget setelah tau kondisi itu.

mengenai senam hamil setau saya baru boleh setelah masuk minggu ke 29-30 atau bulan ketujuh. untuk membantu badan supaya siap menghadapi hari persalinan. sebelum itu saya berenang. lumayan wat latihan nafas. saya berenang seminggu 2kali. sejak minggu 18 sampe 34. tapi sempet berhenti waktu dinyatakan placenta previa. alhamdulillah semua berjalan baik berkat dukungan, doa dan cinta dari orang sekitar.

pokonya jangan putus asa, momz
selagi masih ada waktu kita berusaha dan berdoa
insya Allah yang terbaik yang untuk kita
Logged




zainab
Ibu RT

Offline Offline

Posts: 1


View Profile Email
« Reply #6 on: October 06, 2012, 10:56:26 am »

hai moms,saya newbie nih di PG...mau curcol soal placenta praevia...
waktu usia kehamilan saya masi sekitar 4-5bln,hasil usg menyatakan  klo ari2 saya ad di bawah,tp di sarankan untuk tidak panik karena ari2 akan berubah posisi k atas seiring dengan besarny si jabang bayi. dan pada saat memasuki usia kehamilan 33 minggu,dokter menyatakan bahwa ari2 saya ada di sebelah kanan,tp tidak berbahaya,masi bisa lahir normal,hanya saja mungkin mengejannya agak sulit nanti saat melahirkan... saya dan suami pun akhirnya bisa lega karena hasil usg yg memuaskan. bayi saya sehat,berat badan cukup dan sejauh in tidak ada yg perlu di risaukan..

tapi ketika memasuki usia 38mgu,hasil usg berubah total... si bayi ternyata belum juga masuk panggul d karenakan ari2 yg nutupin jalan lahir atau istilahnya placenta praevia... lho kok bisa gitu Huh?
padahal katanya usia kehamilan 32- 36 mgu posisi placenta ga bisa berubah kan??
apa dokternya salah usg??

saya tidak tau pasti kenapa,dan dokterny hanya bilang "apapun bisa terjadi",sungguh jawaban yg amat sangat tidak memuaskan...
saya hanya d beri harapan sekecil ujung kuku untuk persalinan normal,hanya d suruh jalan2 pagi dengan harapan si bayi bisa mendesak ari2 dan bisa masuk panggul...
saya merasa tidak sempurna jika tidak bisa melahirkan normal,apalagi keadaan ekonomi kami yg pas2an... belum lagi ketidaksiapan mental saya untuk operasi,karena melihat fakta yg ada bahwa sesar memakan waktu pemulihan yg lama...

HPL saya tgl 17okt,jika nanti hingga tgl 17okt janin saya belum masuk panggul,maka sesar adalah satu2nya jalan yg wajib d tempuh...

saya mohon bantuan doa dari moms semua agar saya bisa melahirkan dengan normal... thanks mom
Logged
Pages: [1] Print 
« previous next »
Jump to:  


Login with username, password and session length

Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2013, Simple Machines