Welcome, Guest. Please login or register.
April 24, 2014, 03:01:03 am
Home Help Calendar Login Register
News:

+  ** C E L O T E H ** S A N G :: I B U **::
|-+  WELCOME TO THE CLUB!
| |-+  Baby Club
| | |-+  Penggunaan Gurita pada Bayi
« previous next »
Pages: [1] 2 3 Print
Author Topic: Penggunaan Gurita pada Bayi  (Read 14001 times)
flora kilapong
Guest


Email
« on: November 14, 2007, 12:02:17 pm »

Moms aku ada artikel yang dikirim dari milis sebelah, siapa tau berguna


Berbagai praktek perawatan bayi yang mengikuti kebiasaan-kebiasaan
turun-temurun ini, menurut dr. Eric Gultom, Sp.A.dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, seringkali bukan hanya kurang dapat


diterima dasar ilmiahnya, tapi juga bisa merugikan. Misalnya, pemakaian gurita untuk bebat perut bayi.
Kata orang, supaya bayi jangan masuk angin."
Ada pula yang bilang, agar perutnya enggak besar dan pusarnya enggak bodong.


Dalam dunia medis, tuturnya, tak dikenal istilah masuk angin. "Istilah ini
mungkin maksudnya aerophagia , yaitu bayi banyak mengandung udara di
lambungnya sehingga terlihat kembung. Hal ini bisa disebabkan bayi menangis lama atau cara minum susu botol kurang betul." Jadi, Bu-Pak, sama sekali tak ada kaitannya dengan pemakaian gurita.


Begitupun dengan perut besar dan pusar bodong. "Besar kecilnya perut
ditentukan oleh ketebalan kulit, lemak kulit, dan otot perut yang sanggup
menahan daya dorong isi perut atau usus keluar. Secara alamiah, usus, kan, berusaha mendorong keluar," terang Eric.
Nah, pada bayi, lanjutnya, kulit maupun lemak dan ototnya masih tipis karena belum tumbuh, sehingga belum mampu menahan ususnya yang mendorong keluar. Jadilah si bayi kelihatannya seperti kembung, perutnya agak besar. "Nanti, bila kulit dan lemak serta ototnya sudah lebih tebal, akan lebih sanggup menahan daya dorong tersebut." Jadi, tak akan gendut lagi, kecuali kalau makannya memang banyak.


Sama halnya dengan pusar bodong, "Bila perutnya membesar, tentu pusarnya akan menonjol, dong," tukas Eric. Tak demikian halnya setelah ketebalan kulit, lemak kulit, dan ototnya bertumbuh menjadi lebih tebal. Jadi, bukan lantaran dipakaikan gurita maka pusarnya jadi enggak bodong. Jikapun si bayi sampai punya pusar bodong, menurut Eric, karena bagian dari puntung tali pusatnya memang sejak awalnya sudah lebih besar. "Jadi, sejak lahir pusarnya memang sudah bodong, bukan karena tak dipakaikan gurita."


Pemakaian gurita, tutur Eric lebih lanjut, sebenarnya justru dapat
merugikan bayi. "Bayi jadi kepanasan dan banyak keringat sehingga bisa
mengalami keringet buntet di bawah lapisan gurita." Selain itu, bila
pemakaian gurita terlalu ketat, "akan mengganggu gerak pernafasan bayi."
Soalnya, bayi bernafas lebih dominan menggunakan gerak pernafasan perut..
Jadi kalau kita bebat dia erat-erat di bagian perut, tentu akan mengganggu
pernafasannya. "

Logged
--syl--

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 270

Up, Close & Personal


View Profile
« Reply #1 on: November 14, 2007, 12:45:22 pm »

bner jeng flo..krn kita kan ng tau harus skenceng apa ngiket guritanya..
bisa2 krn terlalu smangat ibunya sendiri yang bikin anaknya 'menderita' gara2 ikatan gurita..
untuk mengatasi puser bodong..mertua ku nyaranin dpakein coin kecil di puser nya (klo da pupus)..

klo di luar negri kata tante ku, bayi pulang dari RS yah dah pake baju biasa..ng bole gurita atopun bedong..
klo aku, rafael emang ng pake gurita tp ku bedong..
itupun cm bertahan 10 hari krn rafael slalu berontak klo dibedong.. Grin
Logged

sephia
Guest


Email
« Reply #2 on: November 14, 2007, 12:52:47 pm »

iya kalo emg udelnya bodong, trus dikasi gurita, mana dikasi benggol (= uang logam) juga biasanya, itu nggak ngefek. kalo emg bodong ya terus bodong, dan biasanya emang kembali normal jadi nggak bodong, tapi itu bukan karena pengaruh gurita, tapi karena emang setelah beberapa lama jadi normal dengan sendirinya.
Logged
flora kilapong
Guest


Email
« Reply #3 on: November 14, 2007, 01:10:51 pm »

setelah aku baca milis yang akyu posting sebenarnya waktu Zefanya newborn sampai usia 1 bulan lebih masih tuh aku pakaikan gurita tapi ikatannya tidak kenceng (karena Emaknya yang ngiketin) DSA Zefanya juga pada saat itu melarang, tapi aku lebih yang ke nyamanan Zefanya; alasan supaya tidak masuk angin. biasanya aku pakaikan saat sehabis mandi pagi, sore dan malam hari plus bedong.
yang penting ikatannya tidak kencang.

 Cheesy tapi pada saat kontrol ke DSA, Zefanya tdk aku pakaikan gurita ...

 

Logged
ibunya rakha

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 132

hhmmmm.......nyot..nyot....


View Profile WWW Email
« Reply #4 on: November 14, 2007, 01:18:01 pm »

sama dunk jeng flo aku juga kalo mo check up ke DSA-nya rakha aku ga pakein gurita...yacch saya juga dulu niatnya pakein gurita supaya rakha hangat az and tentunya pake bedong juga....
Logged

khalisanaura
Guest


Email
« Reply #5 on: November 14, 2007, 02:19:17 pm »

idem, aku jd klo ke DSA ga pakein khalisa gurita, drpd diceramahin ya  Grin
Logged
osiosa

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 172

main bersama


View Profile Email
« Reply #6 on: November 14, 2007, 02:48:39 pm »

kembarku yang kasian...demi ngikutin ibu n mertua yang kukasihi, si kembar digurita 3,5 bln n di bedong sampe 4 bulan!!! sempat juga pake benggol pas Osi sampai 1,5 bulan pusernya belum kering juga n nongol. Syukur mereka baik2 sajah...
Logged
christ_ar
Guest


Email
« Reply #7 on: November 14, 2007, 03:05:52 pm »

fay seumur2 cuma pake gurita 3 kali Cheesy
pernah si pake duit gobang gara2 dia kalo nangis kenceeeng banget dan kalo nangis udelnya nongol Cheesy
tapi itu juga duitnya di jait di kain gitu trus jadiin sabuk aja...gak digurita-in

mertua gw suruh2 tapi gw mah cuek ajaaa Cheesy

nah...kalo bedong tu agak lama
3 bulan lebih
bukan karena apa2...tapi fay kalo ga dibedong dulu tuh ga mau tidur
ga tau de kenapa
Logged
LINDA
Guest


Email
« Reply #8 on: November 14, 2007, 04:15:46 pm »

 Grin,,,,,, hihihihihhihiiiii ya,, susah deh klo emang mau ngeliat anak kasian itu seperti apa,,,, jangankan bayi,,, pake gurita,,, wong emaknya aza,,, pake gurita sehabis melahirkan,,, gatel,,,, enggap,,,, bega,,,, ega enak,,, jadi kan kasian mom,,, klo anak kita di iket2 gitu,,,,  Angry

tapi tetepppp,,, menurut mertua,,,, harus pake gurita,, ya ta ikutin tapi cuma 1 minggu aza,,,, abiz,, kasian feeza,,,,
terus feeza puput pusernya cepat,,, cuma 1 minggu,,, jadi ta' aku pakein deh tuh guritanya,,,,, Grin Cheesy

terus kata feeza aku,,,,, lega mam,,, nafasnya,,,, Grin  Wink
Logged
Fael's Mother

Offline Offline

Gender: Male
Posts: 249

Fael & Barney


View Profile Email
« Reply #9 on: November 15, 2007, 12:02:24 am »

hmmm... kalo Fael aku pakein gurita (model lem) jadi praktis dan gampang
tapi mertua ngelarang terus katanya ribet dan semua anak2nya ga pake begitu2an..
tapi kadang2 aku pakein juga lohhh... kata mamiku biar ga masuk angin perutnya..  hehe...
Logged

Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #10 on: November 15, 2007, 09:00:34 am »

jangan kayak aku deh....

sok tau beli gurita sampe 3 lusin, yang ada cuman kepake 6 biji itupun nda sampe seminggu. setelah puput puser, si Andra kupakein singlet ajah tapi dibalik posisi depan ke belakang karena lebih rendah lehernya.

jadilah pas temen ngelahirin, guritanya 'ta sumbangin setulus-tulusnya  Cheesy
Logged
khalisanaura
Guest


Email
« Reply #11 on: November 15, 2007, 10:13:00 am »

jangan kayak aku deh....
sok tau beli gurita sampe 3 lusin, yang ada cuman kepake 6 biji itupun nda sampe seminggu. setelah puput puser, si Andra kupakein singlet ajah tapi dibalik posisi depan ke belakang karena lebih rendah lehernya.

3 lusin Huh? weleh aku 1 lusin jg cm kepake 6, yg lain aku kasi temen jg..
sm Rin aku jg pakein kaos dibalik gt...trs biar ga masuk angin, sering2 dikasi telon puser n telapak kaki
Logged
sephia
Guest


Email
« Reply #12 on: November 15, 2007, 11:00:57 am »

napsu amat beli 3 lusin..

pas itu harganya beli 2 lusin dapet 1 lusin gratis yaaaah???
Logged
Bunda Andra
Guest


Email
« Reply #13 on: November 15, 2007, 12:51:11 pm »

napsu amat beli 3 lusin..
pas itu harganya beli 2 lusin dapet 1 lusin gratis yaaaah???

mbok kira sabun mandi opo mon? tuku loro gratis siji? halah...halah...  Cheesy

pan kata gw juga sok tau gw....
ke baby shop napsu segala dibeli sampe gurita aja punya 3 lusin. nyang ada pas bayar credit card, pucing ndiri dah  Grin
Logged
ibunya rakha

Offline Offline

Gender: Female
Posts: 132

hhmmmm.......nyot..nyot....


View Profile WWW Email
« Reply #14 on: November 15, 2007, 01:20:18 pm »

hihihi...bundanya andra lucu bgt cih....biasa bunda baru jadinya kalo liat apapun buat babynya pasti ga perhitungan...... Cheesy
Logged

Pages: [1] 2 3 Print 
« previous next »
Jump to:  


Login with username, password and session length

Powered by SMF 1.1.19 | SMF © 2013, Simple Machines