Penggunaan Gurita pada Bayi

(1/7) > >>

flora kilapong:
Moms aku ada artikel yang dikirim dari milis sebelah, siapa tau berguna


Berbagai praktek perawatan bayi yang mengikuti kebiasaan-kebiasaan
turun-temurun ini, menurut dr. Eric Gultom, Sp.A.dari Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Cipto Mangunkusumo, seringkali bukan hanya kurang dapat


diterima dasar ilmiahnya, tapi juga bisa merugikan. Misalnya, pemakaian gurita untuk bebat perut bayi.
Kata orang, supaya bayi jangan masuk angin."
Ada pula yang bilang, agar perutnya enggak besar dan pusarnya enggak bodong.


Dalam dunia medis, tuturnya, tak dikenal istilah masuk angin. "Istilah ini
mungkin maksudnya aerophagia , yaitu bayi banyak mengandung udara di
lambungnya sehingga terlihat kembung. Hal ini bisa disebabkan bayi menangis lama atau cara minum susu botol kurang betul." Jadi, Bu-Pak, sama sekali tak ada kaitannya dengan pemakaian gurita.


Begitupun dengan perut besar dan pusar bodong. "Besar kecilnya perut
ditentukan oleh ketebalan kulit, lemak kulit, dan otot perut yang sanggup
menahan daya dorong isi perut atau usus keluar. Secara alamiah, usus, kan, berusaha mendorong keluar," terang Eric.
Nah, pada bayi, lanjutnya, kulit maupun lemak dan ototnya masih tipis karena belum tumbuh, sehingga belum mampu menahan ususnya yang mendorong keluar. Jadilah si bayi kelihatannya seperti kembung, perutnya agak besar. "Nanti, bila kulit dan lemak serta ototnya sudah lebih tebal, akan lebih sanggup menahan daya dorong tersebut." Jadi, tak akan gendut lagi, kecuali kalau makannya memang banyak.


Sama halnya dengan pusar bodong, "Bila perutnya membesar, tentu pusarnya akan menonjol, dong," tukas Eric. Tak demikian halnya setelah ketebalan kulit, lemak kulit, dan ototnya bertumbuh menjadi lebih tebal. Jadi, bukan lantaran dipakaikan gurita maka pusarnya jadi enggak bodong. Jikapun si bayi sampai punya pusar bodong, menurut Eric, karena bagian dari puntung tali pusatnya memang sejak awalnya sudah lebih besar. "Jadi, sejak lahir pusarnya memang sudah bodong, bukan karena tak dipakaikan gurita."


Pemakaian gurita, tutur Eric lebih lanjut, sebenarnya justru dapat
merugikan bayi. "Bayi jadi kepanasan dan banyak keringat sehingga bisa
mengalami keringet buntet di bawah lapisan gurita." Selain itu, bila
pemakaian gurita terlalu ketat, "akan mengganggu gerak pernafasan bayi."
Soalnya, bayi bernafas lebih dominan menggunakan gerak pernafasan perut..
Jadi kalau kita bebat dia erat-erat di bagian perut, tentu akan mengganggu
pernafasannya. "

--syl--:
bner jeng flo..krn kita kan ng tau harus skenceng apa ngiket guritanya..
bisa2 krn terlalu smangat ibunya sendiri yang bikin anaknya 'menderita' gara2 ikatan gurita..
untuk mengatasi puser bodong..mertua ku nyaranin dpakein coin kecil di puser nya (klo da pupus)..

klo di luar negri kata tante ku, bayi pulang dari RS yah dah pake baju biasa..ng bole gurita atopun bedong..
klo aku, rafael emang ng pake gurita tp ku bedong..
itupun cm bertahan 10 hari krn rafael slalu berontak klo dibedong.. ;D

sephia:
iya kalo emg udelnya bodong, trus dikasi gurita, mana dikasi benggol (= uang logam) juga biasanya, itu nggak ngefek. kalo emg bodong ya terus bodong, dan biasanya emang kembali normal jadi nggak bodong, tapi itu bukan karena pengaruh gurita, tapi karena emang setelah beberapa lama jadi normal dengan sendirinya.

flora kilapong:
setelah aku baca milis yang akyu posting sebenarnya waktu Zefanya newborn sampai usia 1 bulan lebih masih tuh aku pakaikan gurita tapi ikatannya tidak kenceng (karena Emaknya yang ngiketin) DSA Zefanya juga pada saat itu melarang, tapi aku lebih yang ke nyamanan Zefanya; alasan supaya tidak masuk angin. biasanya aku pakaikan saat sehabis mandi pagi, sore dan malam hari plus bedong.
yang penting ikatannya tidak kencang.

 :D tapi pada saat kontrol ke DSA, Zefanya tdk aku pakaikan gurita ...

 

ibunya rakha:
sama dunk jeng flo aku juga kalo mo check up ke DSA-nya rakha aku ga pakein gurita...yacch saya juga dulu niatnya pakein gurita supaya rakha hangat az and tentunya pake bedong juga....

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page