tanya jantung VSD pada anak

(1/3) > >>

e n y:
Moms...
Td temanku curhat, baru aja anaknya(6 bulan) dinyatakan sakit jantung VSD (Ventricular Septal Defect).
VSD adalah Penyakit Jantung Bawaan (PJB) dimana terdapat lubang pada sekat pemisah antara bilik kiri dan bilik kanan jantung (Ventricular Septal) alias bilik jantung bocor

Anaknya udah di usg jantung ternyata ada lubang 2,5 mm. Kata dokter, karena lubangnya kecil blm perlu operasi. Disuruh tunggu sampai umur 4-5 tahun. Soalnya kalau lubang kecil ada kemungkinan sembuh/nutup sendiri seiring bertambahnya umur.

Dia minta tolong aku cari info tentang VSD ini...
mgkn moms disini ada yg tau banyak tentang VSD, di tunggu sharenya ya...kasian temenku kepikiran terus...thx

sephia:
adikku dulu jg gitu...

anaknya skrg bagaimana keadaannya? kritis nggak? dulu adikku pas didiagnosa itu udah parah kondisinya (umur 3 bulan) sampe masuk ICU sebulan. kritis sampe anval 2x. tapi dia kuat berjuang n bertahan hidup, 2x itu 'kembali hidup'.

setelah keluar dari ICU dan kemudian keluar dari RS, diet ketat. dia nggak boleh gemuk, karena jantungnya kan bocor jadinya gak semua kepompa ke seluruh tubuh. kalo dia gemuk melelahkan jantungnya. jadi emang dibikin kurus.

semua kegiatannya dicatet. setiap hari ditimbang berat badannya (sampe beli timbangan bayi pdhl kakak2nya ga ada yg punya timbangan bayi). obat2annya mahal. paling takut kalo kakak2nya sakit, karena cuma flu biasa aja dampaknya bisa parah buat dia.

sampe umur setaon ga bisa duduk.
sampe umur 2 th belum bisa jalan. waktu itu ortuku udah gak mikir "oh bagaimana ya 2 th belum jalan... masih bisa bertahan hidup aja udah bersyukur banget."

tapi 2 th lebih akhirnya bisa jalan, dan sejak umur kira2 3 taon perkembangannya cukup normal. dokternya bilang setelah umur 5 th nanti periksa lagi di jkt (dokter jantungnya namanya dokter santoso). akhirnya ya terakhir periksa pas umur 5 th itu, katanya belum 100% menutup lubangnya tapi sudah menuju ke arah itu dan diharapkan bisa nutup 100%.

sampe skrg dia sudah umur 23 th tahun ini, dan mujizat dalam hidupku itu masih hidup dengan sehat, skrg masih kuliah (oh ya masuk sekolahnya telat setaon karena disuruh sama dokternya), hidupnya normal, malah lebih pinter dari kakak2nya.

dulu ortuku sempet marah sih sama bidan RS yg ngelahirin adikku, kenapa kelainan jantung yg parah gitu gak ketauan pd saat lahir, karena seharusnya sudah bisa terdeteksi waktu lahir. dan kalau bisa terdeteksi waktu lahir, katanya bisa cuma diobati n lebih cepet nutupnya. nggak sampe parah begitu. waktu adikku itu terdiagnosanya udah hampir terlambat. kalau temenmu ini anaknya belum terlambat diagnosanya and sampe skrg masih baik2 aja, brarti cuma diobati saja ya? emang adikku juga nggak dioperasi. soalnya emang kata dokternya bisa menutup sendiri nanti kalau besar. aku nggak tahu (tahu pun skrg pasti udah ga inget) brp besar lubangnya.

nggak usah takut, yang penting percaya aja bahwa segala sesuatu udah diatur sama yg diatas. banyak berdoa. semoga kuat, tabah and tawakal.

aurellia:
Aku juga ada pengalaman tentang kelainan jantung,ini dialami oleh sepupuku.
Sepupuku ketahuan kelainan jantung ketika umur 6 bulan juga,waktu itu dia sakit panas & batuk pilek aja,tapi tiba" aja badannya jadi biru semua.
Nah dari situ baru tau kalo ternyata ada kelainan jantung,bahkan sudah parah karena jantungnya bocor alias berlubang & jumlahnya 5lubang.
Kasihan sekali seh dia,lahirnya sehat bahkan gemuk,orang tuanya juga shock ketika anaknya divonis kena kelainan jantung.
Tapi sepupuku ini terus berjuang melawan sakitnya,orang tuanya juga berusaha untuk cari cara menyembuhkan sakit jantung ini.
Dia sempet seh anval beberapa kali sampai masuk rumah sakit,dia tapi juga tetap sekolah layaknya anak normal.
Hasil terakhir lubangnya sudah ada yang menutup satu,jadi tinggal 4lubang.
Namun sayang Allah berkehendak lain,dia gagal di meja opersi ketika umur 5 th,saat itu dia meninggal di RS. Harapan Kita karena gagal operasi jantung.Orang tuanya sudah berusaha,namun mungkin memang sudah jalan Allah seperti itu.
Yang penting,sebagai orang tua kita harus suport anak kita & selalu berusaha yang terbaik untuk anak kita.

e n y:
Anaknya temenku, selama ini tidak ada keluhan apa2. Tau2 pas imunisasi tgl 5 kmrn DSAnya curiga dengan suara detak jantungnya, trus di rujuk ke spesialis jantung.
Sebenernya DSAnya ini jg yg menangani sejak lahir sampe skrg(selama ini cuma imunisasi aja), tapi nggak tau juga kok baru terdeteksi skrg.
Setelah di vonis jantung VSD anaknya jadi sering batuk2, tapi batuk biasa aja, nggak parah.
Sama dokter jantung nggak di kasi resep obat, cuman tiap 3 bulan harus di pantau.
Sebenernya penyebab sakit ini apa ya?
Apa karena konsumsi obat? Temenku punya asma, dari kehamilan 0 sampe melahirkan dia konsumsi obat asma yang spray(udah tanya ke dokter kandungannya dibilang aman)

RetnoHiariej:
Aduh kasian banget...sedih banget kalo denger anak masih bayi udah divonis sakit/kelainan jantung. Dari USG janin, ga bisa ketahuan ya jantung anak ada kelainan/bocor atau ga?   ??? Ada yang tahu, Bu...?Kalo ketahuan/bisa dideteksi sejak dini kan bisa ditangani sedini mungkin supaya ga ada kasus terlambat penanganan.

Navigation

[0] Message Index

[#] Next page